Hubungi Kami

Faktor Penyebab

Penyebab kanker payudara belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat resiko terkena kanker payudara yaitu faktor yang dapat diubah dan faktor yang tidak dapat diubah.

  1. Faktor tidak dapat diubah :

Menjadi seorang perempuan Bertambahnya usia

Risiko terkena kanker payudara akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Setiap tahunnya, kurang lebih terdapat 77% pasien berusia di atas 50 tahun yang didiagnosis terkena kanker payudara.

Riwayat keluarga

(ibu, saudara atau anak perempuan yang terkena kanker payudara meningkatkan risiko terkena kanker payudara dua kali lipat)

Riwayat medis personal

Perempuan dengan riwayat kanker payudara di salah satu dadanya memiliki risiko 3 sampai 4 kali lebih tinggi terkena kanker payudara di dada lainnya. Perempuan dengan benjolan di payudara atau yang didiagnosis LCIS (lobular carcinoma in situ) juga berisiko tinggi terkena kanker payudara.

Dense breast

Keadaan dense breast merupakan hal yang normal pada perempuan muda. Pada perempuang dengan usia yang lebih tua dense breast merupakan cermin adanya stimulasi hormonal pada payudara dan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Pernah melakukan terapi radiasi di wilayah dada

Keturunan Kaukasia

Menstruasi awal (sebelum usia 12 tahun)

Menopause terlambat (sesudah 50 tahun)

Tidak punya anak, atau memiliki anak setelah usia 30 tahun

Terjadi mutasi genetis yang meningkatkan risiko.

Mutasi genetis untuk kanker payudara menjadi topik hangat penelitian akhir-akhir ini. 3 sampai 10% dari kanker payudara mungkin berhubungan dengan perubahan pada gen BRCA1 atau gen BRCA2. Perempuan dapat mewarisi perubahan ini dari orang tua.

  1. Faktor dapat diubah :

Mengikuti terapi hormon

Menggunakan pil KB

Tidak menyusui

Mengkonsumsi minuman beralkohol,

Kelebihan berat badan (terutama setelah masuk masa menopause), dan tidak berolahraga.

Namun, perlu diingat bahwa semua faktor tersebut masih berdasarkan kemungkinan, seseorang yang tidak memiliki faktor yang berisiko tetap saja dapat terkena kanker payudara. Skrining dan deteksi dini adalah alat yang tepat untuk menurunkan risiko kematian yang ditimbulkan oleh penyakit ini.


Gabung ke News Letter Kami

Dapatkan info & artikel menarik tentang Kanker Payudara