Hubungi Kami

Ciri-ciri dan Gejala

Pada tahap awal kanker payudara, biasanya kita tidak merasakan sakit atau tidak ada tanda-tandanya sama sekali. Namun, ketika tumor semakin membesar, gejala-gejala di bawah ini mungkin muncul:

  • Benjolan yang tidak hilang atau  permanen, biasanya tidak sakit dan terasa eras bila disentuh atau penebalan pada kulit payudara dan di sekitar ketiak.
  • Perubahan ukuran atau bentuk payudara.
  • Kerutan pada kulit payudara.
  • Keluarnya cairan dari payudara, umumnya berupa darah.
  • Pembengkakan atau adanya tarikan pada puting susu

Dilansir dari deherba.com berikut ciri – ciri kanker payudara yang perlu dicermati saat pemeriksaan di depan cermin.

  • Payudara terasa panas dan gatal

    Seperti penebalan kulit dan kemerahan, rasa panas serta gatal di payudara mungkin adalah gejala mastitis—atau bahkan tanda peradangan akibat kanker. Periksakan ke dokter, dan bila obat antibiotik resep dokter tidak membantu, kembalilah kunjungi dokter Anda.

  • Perubahan pada bentuk puting payudara

    Kanker payudara kadang-kadang dapat menyebabkan perubahan pada bentuk puting Anda. Bila Anda melihat puting seperti tertarik ke dalam, atau kulitnya menebal, atau menjadi merah atau bersisik, segeralah periksakan diri ke dokter. Semua perubahan aneh pada puting ini dapat menjadi tanda-tanda kanker payudara.

  • Keluar cairan aneh dari dalam puting

    Memang bikin khawatir kalau Anda melihat ada cairan (selain ASI) keluar dari dalam puting. Tetapi jangan panik dulu, karena seringkali hal itu ‘hanya’ disebabkan oleh cedera, infeksi, atau tumor jinak (bukan kanker). Meskipun begitu, Anda tetap perlu waspada dengan gejala ini, terutama apabila cairan yang keluar bercampur dengan darah.

  • Rasa nyeri di payudara

    Anda perlu berhati-hati bila ada rasa sakit di payudara. Memang sebagian besar gejala-gejala kanker payudara yang masih tahap awal tidak disertai dengan nyeri payudara. Biasanya masalah nyeri di payudara hanya diakibatkan oleh siklus menstruasi—hal ini wajar terjadi.Rasa sakit seperti ini paling umum terjadi seminggu (atau lebih) sebelum periode menstruasi dimulai, kemudian hilang setelah menstruasi dimulai. Beberapa kelainan payudara, seperti mastitis, juga bisa menyebabkan rasa sakit yang datangnya tiba-tiba. Dalam kasus ini, rasa sakit itu tidak berhubungan dengan siklus menstruasi Anda.Bila Anda merasakan nyeri payudara yang parah atau yang tetap terasa serta bukan disebabkan oleh siklus menstruasi, Anda harus periksa ke dokter. Bisa jadi itu memang adalah gejala-gejala kanker payudara yang perlu segera ditangani.

Segera periksakan ke dokter jika terdapat gejala tersebut. Jangan menunda lebih lama lagi karena jika terlambat kanker payudara sulit disembuhkan.


Gabung ke News Letter Kami

Dapatkan info & artikel menarik tentang Kanker Payudara