Hubungi Kami

5 Ide Bekal Sehat untuk Anak

Membawakan bekal makanan ke sekolah untuk anak mempunyai banyak manfaat. Di samping untuk menghemat uang jajan anak, bekal anak juga terjamin kebersihan dan gizinya dibanding jika ia membeli makan atau jajan di sekolah.

Tidak semua jajanan sekolah terjamin kebersihan dan gizinya. Banyak pedagang nakal yang menggunakan bahan-bahan yang tidak aman. Misalnya saja memakai pewarna bukan untuk makanan agar warna makanan atau minuman yang ia jajakan lebih menarik perhatian anak, memakai bahan pengawet secara berlebihan, dan memakai bahan-bahan yang sudah rusak. Hal ini tentunya dapat membahayakan kesehatan anak. Anak bisa sakit dan prestasinya di sekolah juga dapat menurun.

Kreasi bekal sehat anak sekolah

Banyak kreasi makanan yang dapat dibawa anak ke sekolah, ini tergantung dari kreativitas Anda tentunya. Tapi jangan lupa untuk selalu membawakan bekal anak yang terdiri dari gizi seimbang, yaitu:

  • Makanan sumber karbohidrat, bisa didapat dari nasi, roti, mie, kentang, dan pasta. Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh.
  • Makanan sumber protein, seperti daging, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, keju, dan lainnya. Protein diperlukan untuk pertumbuhan dan mempertahankan sel atau jaringan yang sudah terbentuk atau yang sudah rusak.
  • Makanan sumber vitamin dan mineral, misalnya sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan juga merupakan sumber serat yang dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan anak dan mencegah anak dari sembelit.

Beberapa ide makanan sehat yang dapat dibawa anak ke sekolah, yaitu:

Onigiri

onigiriSelera makan anak akan bertambah jika anak suka dengan makanannya. Salah satu cara agar anak tertarik untuk makan adalah dengan membentuk makanan menjadi unik, seperti tokoh kartun atau wajah hewan. Namun, jika Anda terlalu sulit untuk melakukannya, Anda bisa membentuknya segitiga seperti onigiri atau nasi kepal. Tambahkan dengan nori atau rumput laut menyelimuti nasi.

Sebagai lauk, Anda bisa membuat ikan goreng tepung. Pilih fillet ikan yang tidak banyak mempunyai duri sehingga anak aman memakannya. Untuk sayuran, Anda bisa menambahkan tumis brokoli yang dipotong seperti pohon kecil dan wortel yang dipotong panjang. Pasti anak akan menyukainya.

Omurice

omuriceMenu kedua yaitu omurice atau nasi yang dibalut dengan omelet. Agar makanan anak tambah lengkap, tambahkan sayuran saat membuat omelet, sayuran tersebut bisa berupa buncis, wortel, brokoli, paprika, kol, dan lainnya. Taruh nasi di atas omelet, lalu gulung. Anda bisa menambahkan sosis atau bola-bola daging sebagai lauk tambahan.  Tambahkan selada dan tomat sebagai sayurannya. Atau Anda juga bisa menambahkan buncis, wortel, jagung manis, dan kacang polong yang direbus sebagai sayuran.

Roti sandwich

roti sandwichJika bosan dengan nasi, Anda dapat membawakan roti sebagai bekal anak. Ini sangat praktis. Roti bisa diisikan dengan daging atau telur + keju (sebagai sumber protein dan lemak), dan selada + tomat (sebagai sumber vitamin dan mineral). Anda bisa menambahkan mayonaise untuk menambah rasa. Anda juga bisa menyertakan kentang goreng disamping roti sandwich. Atau bisa juga Anda membuat perkedel yang berisi sayuran di dalamnya.

Nasi bento

Jinuggetka Anda tidak ingin ribet, nasi bento bisa menjadi pilihan Anda sebagai bekal anak ke sekolah. Anda bisa membuat nugget sendiri di rumah dan menambahkannya dengan berbagai macam sayuran agar lebih bergizi. Anda bisa menambahkan sayuran, seperti wortel, buncis, jagung manis, brokoli, kacang polong, dan lainnya. Campurkan sayuran tersebut bersama gilingan daging ayam, kemudian balut dengan tepung. Anda bisa menyertakan salad yang terdiri dari wortel dan kol yang dipotong panjang dan tipis, jangan lupa tambahkan mayonaise agar rasanya lebih enak. Tambahkan juga timun dan tomat.

Mie goreng

mie gorengBosan dengan nasi? Anda bisa mengganti sumber karbohidratnya menjadi mie. Anak-anak biasanya sangat suka dengan mie. Anda bisa membuat mie goreng  sendiri di rumah dan jangan lupa tambahkan sayur-sayuran agar lebih sehat. Anda bisa memasukkan sawi, kol, wortel dan kacang polong ke dalam mie goreng tersebut. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa tambahkan telur mata sapi/telur dadar, atau Anda bisa menambahkan seafood, seperti cumi-cumi dan udang, yang merupakan sumber protein. Jadi, deh!

Buah dan air tak boleh lupa

Jangan lupa untuk selalu menambahkan buah dalam setiap bekal anak. Contohnya seperti apel, pir, melon, jeruk, pisang, kiwi, semangka, anggur, dan lainnya. Anda bisa membawakan buah yang sudah dipotong kecil-kecil agar anak bisa langsung memakannya. Bawakan juga air putih karena minum air putih dalam jumlah cukup diperlukan untuk menjaga kesehatan anak.

 

sumber : https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/5-ide-bekal-sehat-untuk-anak/



Comments

Gabung ke News Letter Kami

Dapatkan info & artikel menarik tentang Kanker Payudara